Tips Memilih Busana Formal Agar Pria Tampil Sempurna

Memilih busana untuk acara formal terkadang memang sulit, bahkan untuk wanita. Tidak semua pria memiliki pesona seperti David Beckham.

Kebanyakan pria sulit menyesuaikan busana yang dikenakan, mulai memilih jenis baju, bahan, potongan celana dan dasi yang tepat. Lalu, bagaimana mengatasinya? Seperti dilansir The F Thing, berikut beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi:

1.Pilih Warna Baju 
Ada banyak warna setelan, tapi tergantung pada seberapa berani Anda mengenakannya. Anda tidak perlu semanis gaya Harry Styles, cukup pilih jas berwarna gelap, seperti navy blue atau black. Jas pinstripe juga merupakan pilihan yang bagus.

2. Pilih Warna/ Pola Kaos 
Saat mengenakan navy blue, Anda bisa mengenakan kemeja putih, biru muda dan bahkan merah muda. Sejujurnya, navy blue memungkinkan Anda untuk bermain lebih banyak warna baju daripada hitam, karena hitam adalah warna yang sangat formal dan biasanya dipasangkan paling baik dengan putih. Anda juga dapat melihat pola-pola halus untuk setelan, seperti bintik-bintik kecil, atau garis-garis tipis.

3. Pilih Jenis Kerah 
Salah satu jenis kerah yang cukup populer saat ini adalah kerah mandarin. Tetapi Anda juga bisa kembali ke klasik. Jika acara cukup formal, Anda bisa memakai spread, classic, juga pinned. Jika acara ini agak biasa saja, gunakan button down, mandarin dan wing tip.

4. Materi yang Tepat untuk Acara yang Tepat
Menghadiri pernikahan di tepi pantai? Jangan mengenakan jas wol khas Anda. Keluarkan jas linen dan pasangkan dengan kemeja linen. Anda dapat mengaturnya sesuai dengan situasi. Jika ini adalah acara indoor atau bisnis, maka jas wol menjadi pilihan utama.

5. Pilih Dasi
Dasi cukup fleksibel, ada banyak jenis dasi, tetapi yang paling umum adalah dasi klasik dan dasi kupu-kupu. Dasi memiliki banyak cara untuk diikat. Ketika Anda merasa sedikit pada mode pilih bowtie, jika Anda ingin terlihat lebih formal, classic adalah satu-satunya pilihan. Ada juga bisa memilih ascot tie, cravat tie, windsor tie, dan banyak lagi.

6. Warna Dasi
Bermain dengan pola. Meskipun Anda sudah memiliki kemeja dan setelan polos, maka Anda dapat memilih beberapa pola untuk dasi. Tidak ada yang terlalu mewah seperti garis-garis diagonal, berpetak-petak, juga bintik-bintik.

7. Celana 

Jika Anda tinggi dan kurus, Anda dapat memilih celana panjang yang diikat. Ketika celana Anda terbuat dari wol, biasanya ada garis yang memberikan kenyamanan lebih. Lebih baik bagi Anda untuk membeli jas dalam set, tetapi jas dan celana berwarna berbeda juga tidak masalah. Hanya lebih sulit untuk disatukan.

Sumber : https://lifestyle.sindonews.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *