Kontrol Level Gula Darah dengan Konsumsi 5 Bahan Makanan Ini

Sebuah kajian yang dilakukan di Vanderbilt University Medical Center menemukan diabetes secara drastis meningkatkan risiko kematian dini terutama di antara para wanita dan paruh baya di Asia. Kajian yang dilaporkan di JAMA Network Open itu memperlihatkan bahwa risiko kematian terkait diabetes tinggi di antara wanita dan orang paruh baya yang didiagnosis dengan kondisi tersebut.

Untuk mengatur level gula darah dan mencegah komplikasi lain terkait diabetes, disarankan agar orang makan diet sehat, tetap aktif dan menurunkan berat badan. Mereka yang didiagnosis dengan kondisi tersebut bisa menyusun rencana untuk makanan, terutama yang untuk mengontrol gula darah dan berat badan.

Riset memperlihatkan, makan makanan tertentu sementara menghindari atau membatasi yang lain bisa membantu mencegah kenaikan gula darah dan menjaga berat badan. Dikutip dari Times Now News, berikut makanan yang terbaik bagi orang yang menderita diabetes.

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau, seperti bayam, kale dan sawi-sawian sarat gizi, vitamin dan antioksidan yang bisa mencegah penyakit. Mereka juga memberikan serat, protein, potassium, kalsium dan vitamin serta mineral penting lainnya yang memiliki efek menguntungkan dalam mempertahankan level gula darah.

2. Biji-bijian dan polong-polongan
Biji-bijian dianggap sebagai makanan super untuk diabetes terutama karena nilai gizi yang tinggi, terutama potein. Bahan makanan ini juga rendah skala glisemik, yang berarti baik bagi regulasi gula darah dibandingkan dengan makanan lain. Biji-bijian adalah sumber protein berbasis tanaman yang baik, yang membantu mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan karbohidrat. Makan biji-bijian juga terkait pada penurunan berat badan, tekanan darah dan kolesterol rendah.

3. Gandum utuh
Gandum utuh itu rencah kalori tapi kaya serat dan gizi penting lainnya dibandingkan dengan gandum putih yang telah disuling. Gandum utuh bisa menjaga level gula darah tetap stabil karena rendah skala indeks glisemik yang membuatnya baik bagi orang dengan diabetes. Bahan makanan ini bisa membuat orang kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

4. Kacang-kacangan
Kacang kaya lemak sehat, terutama asam lemak omega-3 yang disebut alpha-lipoic acid (ALA), yang baik untuk kesehatan jantung. Penderita diabetes punya risiko penyakit jantung atau stroke yang lebih tinggi sehingga menambahkan kacang pada diet bisa bermanfaat bagi mereka. Kacang seperti walnut memberikakn gizi terbaik termasuk protein, vitamin B6, magnesium dan zat besi.

5. Ikan berlemak
Seperti kacang, ikan berlemak seperti salmon, makarel, sarden, tuna, dan herring mengandung lemak sehat—asam lemak omega-3 yang disebut eicosapentaenoic acid (EPA) and docosahexaenoic acid (DHA). Lemak ini penting untuk meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga tubuh tetap berfungsi.

Sumber : https://lifestyle.sindonews.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *